Thursday, December 23, 2010

Teknologi Terbaru Diadopsi Oleh Lapangan Futsal

Olahraga futsal sudah menjadi salah satu olahraga favorit bagi masyarakat Indonesia saat ini. Beberapa tahun lalu, pecinta futsal hanya bisa menemukan beberapa lapangan saja, itupun hanya berada di kota-kota besar saja. Sekarang ini lapangan futsal sudah menjamur di berbagai daerah, bahkan ada yang buka selama 24 jam non stop. Dengan tersedianya sejumlah lapangan futsal, para pecinta futsal bisa menyalurkan hobi bermain futsal dan mengadakan berbagai pertandingan futsal.

Pecinta futsal memiliki kriteria khusus saat akan bermain futsal, terutama saat pemilihan lapangan futsal. Hal ini bisa dilihat dari tersedianya rumput futsal. Lapangan futsal didesain sedemikian rupa seperti lapangan bola ternama yang sering digunakan para pemain bola kelas dunia. Salah satu ciri dari lapangan berkelas dunia adalah rumput pada lapangan yang benar-benar bisa mendukung permainan bola. Selain bertujuan untuk menjaga pemain dari cidera, rumput pada lapangan juga didesain supaya pantulan bola baik. Tentunya permainan bola tidak menghendaki bola memantul seperti layaknya permainan basket.


Dengan adanya teknologi terbaru, sekarang ini lapangan futsal sudah menggunakan rumput futsal yang benar-benar mirip dengan rumput asli, sering disebut dengan rumput sintetis. Rumput futsal ini tersedia dalam berbagai macam jenis tergantung dari pemesanan dan pemakaian lapangan futsal itu sendiri. Tentunya semakin bagus kualitas rumput futsal, semakin mahal harganya. Tapi hal ini penting bagi lapangan yang sering digunakan untuk permainan futsal apalagi sekelas pertandingan besar.

Kriteria lain adalah rumput futsal harus tidak licin. Bila rumput futsal yang digunakan licin, hal tersebut bisa membahayakan pemain yang sedang bertanding. Para pemain bisa saja terpeleset dan cidera akibat rumput futsal yang licin. Selain itu, rumput futsal diharapkan tidak mudah keriting. Rumput yang keriting bisa mengganggu permainan futsal yang sedang berlangsung. Jika dipandang dari segi keindahan, rumput futsal yang keriting tentunya memberikan image yang kurang sedap. Karena itu pemilihan rumput futsal yang berkualitas bisa mendukung permainan futsal.

Sumber