Tuesday, December 21, 2010

Bagaimana Mempelajari Teknik Yoga Nidra

Adalah teknik relaksasi peningkatan kesadaran diri dengan cara olah gerak tubuh untuk mencapai kondisi meditatif. Teknik ini digunakan untuk menurunkan kondisi stress , meningkatkan kreatifitas dan belajar, dan sebagai terapi pengobatan permasalahan yang berkaitan dengan kejiwaan . Teknik ini dituangkan di dalam sebuah buku karangan Swarni Satyananda Saraswati , seorang praktisi Yoga dari Padepokan Meditasi di Bihar, India. Di dalam buku ini dijelaskan mengenai teknik , teori dan cara mempraktekan Yoga Nidar secara ilmiah.


Yoga Nidra bisa dipraktekkan berdasarkan instruksi yang bisa dilihat melalui rekaman video. Diajarkan cara membuka dan membangkitkan cakra ( cakra adalah pusat energi astral pada setiap manusia ) disamping itu juga berguna bagi anak - anak.

Yoga Nidra sebenarnya pengembangan teknik dari Yoga Tantri Nyasa, yang berarti " tempat ". Menurut teknik yang diajarkan bahwa setiap bagian tubuh manusia bisa dirasakan secara rohaniah , dengan menggunakan mantra - mantra tertentu dilambari dengan visualisasi dan sentuhan. Yoga Nidra merupakan cara permohonan yang khusuk kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Di dalam buku ini, diajarkan bagaimana para praktisi Yoga Nidra nantinya mampu mencapai kesadarannya kondisi meditatif dengan cepat pada saat sedang melakukan visualisasi.

Metode ini membuat seseorang bisa mencapai kondisi relaksasi secara fisik dan rohani, tetapi untuk mencapai kondisi relaksasi yang sedemikian itu tidak mudah seperti yang kita harapkan. Diperlukan latihan yang berkelanjutan hingga seseorang bisa merasakan kondisi spiritual yang sangat berharga bagi perjalanan hidupnya.

Pelajari lagi lebih banyak tentang Yoga Nidra