Tuesday, February 15, 2011

Astronomy Photographer of the Year 2010, The Winner

Lomba Foto astronomi ini merupakan lomba foto tahunan yang diadakan oleh
Royal Observatory Greenwich. Dalam lomba ini ditampilkan gambar-gambar luar biasa dari angkasa, baik yang berasal dari sistem tata surya kita, maupun yang berada jauh di luar angkasa.

Kompetisi ini di bagi dalam beberapa kategori. Seperti Earth and space, Our solar system, Deep Space, Young astronomy Photographer, People and space, best newcomer.

"Blazing Bristlecone"



Photograph courtesy Tom Lowe

Gambaran galaksi bima sakti seperti terlihat di wilayah bristlecone di kawasan California White Mountain.

"A Perfect Circle"


Photograph courtesy Dhruv Arvind Paranjpye

gerhana di India pada 15 Januari 2010 memeberikan kesempatan bagi fotografer berusia 14 tahun tersebut untuk mencoba teleskop dan kamera digital barunya. hasilnya foto ia menjadi juara untuk kategori di bawah 16 tahun.

"Orion Deep Wide Field"


Photograph courtesy Rogelio Bernal Andreo

Tampilan yang biasa tentang sabuk orion yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun penggunaan lensa panjang untuk mendapatkan foto ini menghasilkan gambar yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang berupa kumpulan debu angkasa dan gas hidrogen pink.

"Siberian Totality"


Photograph courtesy Anthony Ayiomamitis

Gerhana matahari total menjadi kesempatan bagi seluruh pengamat di seluruh dunia untuk memantau aktivitas magnetik matahari yang terdapat di koronanya.

"Photon Worshipers"


Photograph courtesy Steve Christenson

Banyak orang California yang bisa dituduh sebagai pemuja matahari, meskipun mereka akan menganggap enteng hal tersebut. Setiap tahun puluhan orang berkumpul pada saat matahari berada di posisi yang tepat dengan sebuah lubang di karang di wilayah California, di tempat yang disebut, Solar Keyhole.

 "The Whirlpool Galaxy"


Photograph courtesy Ken Mackintosh
Sebuah pemandangan menakjubkan galaksi berbentuk spiral. Galaksi ini juga sering terlihat sedang memakan tetangga galaksinya.

sumbernya